Type something and hit enter

author photo
By On
Artikel kali ini membahas tentang materi Fisika tentang Hukum Avogadro, meliputi: pengertian, rumus bunyi, sejarah dan contoh soalnya.

Apa itu hukum avogadro? Menurut Wikipedia, adalah gas-gas yang memiliki volume yang sama, pada tekanan dan temperatur yang sama, memiliki jumlah partikel yang sama juga.

Agar Anda lebih memahami apa yang dimaksud dengan hukum Avogadro, Ilmu IPA Fisika akan menjelaskan poin-poin penting yang terdapat pada hukum ini.

Hukum Avogadro


Pengertian Hukum Avogadro


Hukum Avogadro merupakan aturan gas eksperimental yang menghubungkan volume gas dengan jumlah molekul yang ada. Hukum Avogadro menyatakan bahwa pada kondisi suhu & tekanan yang sama, volume gas yang sama akan mengandung jumlah molekul yang sama.

Bunyi Hukum Avogadro


 "Pada suhu dan tekanan yang sama, gas-gas yang volumenya sama mengandung jumlah mol yang sama"

Rumus Hukum Avogadro 


Untuk suatu massa dari gas ideal, volume dan mol gas secara langsung akan proporsional jika suhu dan tekanannya konstan. Persamaan tersebut dapat ditulis sebagai berikut:




atau



Dimana:

  • V adalah volume gas
  • n adalah jumlah zat dari gas (dalam satuan mol)
  • k adalah konstanta yang sama dengan RT/P, di mana R adalah konstanta gas universal, T adalah suhu Kelvin, dan P adalah tekanan. Sebagai suhu dan tekanan yang konstan, RT/P juga konstan dan disebut sebagai k. Ini berasal dari hukum gas ideal.

Hukum ini menjelaskan bagaimana dalam kondisi suhu, tekanan, dan volume gas yang sama pasti mengandung jumlah molekul yang sama. Untuk membandingkan substansi yang sama di bawah dua set yang kondisinya berbeda, hukum ini dapat dinyatakan sebagai berikut:


Persamaan ini menunjukkan bahwa, jika jumlah mol gas meningkat, volume gas juga akan meningkat secara proporsional. Dan sebaliknya, jika jumlah mol gas berkurang, maka volume juga menurun.


Sejarah ditemukannya Hukum Avogadro


Untuk menjelaskan hukum gay lussac, maka pada tahun 1811 Amadeo Avogadro (1776-1956) yang berasal dari italia mengajukan sebuah teori yang kemudian di sebut teori avogadro.

Mengapa perbandingan volume gas-gas dalam suatu reaksi merupakan bilangan sederhana? Banyak pakar termasuk Dalton gagal mengungkapkan hukum perbandingan volume yang ditemukan oleh Gay Lussac.

Ketidakmampuan Dalton karena dia menduga partikel unsur selalu berupa atom tunggal (monoatomik). Pada tahun 1811, Amedeo Avogadro menjelaskan percobaan Gay Lussac. Menurut Avogadro, partikel unsur tidak selalu berupa atom tunggal (monoatomik), namun berupa dua atom (diatomik) atau lebih (poliatomik).

Para pakar fisika abad ke-19 tidak memiliki pengetahuan mengenai masa molekul atau atom & ukurannya sampai pergantian abad ke-20, setelah penemuan elektron oleh pakar fisika Amerika, Robert Andrews Millikan, yang menentukan dengan hati-hati muatannya.

Penentuan ini, akhirnya, memperlihatkan angka avogadro tersebut secara akurat, bahwa jumlah molekul dalam jumlah bahan yang sama beratnya sama denganmolekulnya.

Contoh Soal beserta Pembahasannya


1. Sebanyak 35 L gas karbon dioksida mengandung 4,5 x 1023 molekul pada suhu dan tekanan yang sama, tentukan :
a. Jumlah molekul 7 L gas hidroge
b. Volume gas amoniak yang mengandung 9 x 1023 molekul

Jawaban :
a. Jumlah molekul H2 = (volume H2) / (Volume CO2)  X  jumlah molekul CO2
=  (7 L) / (35 L) X  4,5 x 1023 molekul
= 0,9 x 1023 molekul
= 9 x 1022 molekul
Jadi 7 L hidrogen mengandung 9 x 1022 molekul
    
b. Volume NH3  =  (jumlah molekul NH3)/(jumlah molekul CO2)   X volume CO2
9 x 1023 molekul /  4,5 x 1023 molekul X 35 L
= 70 L
Jadi 9 x 10 23 molekul gas amoniak memiliki volume sebesar 70 L

Demikianlah artikel hari ini tentang Hukum Avogadro (LENGKAP): Pengertian, Rumus, Sejarah, Contoh Soal. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.
Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_Avogadro
http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2013/11/hukum-avogadro-artikel-lengkap.html
https://www.ilmukimia.org/2012/12/hukum-avogadro.html
https://alkafyuone.wordpress.com/tag/soal-dan-pembahasan-hukum-dasar-kimia/

Click to comment