Type something and hit enter

By On
Materi IPA Fisika Kelas XI/11 dan XII/12 - Pelajaran hari ini membahas tentang Gelombang Bunyi. Adapun hal-hal yang akan dijelaskan yaitu: pengertian, sifat-sifat, karakteristik, intensitas dan taraf intensitas bunyi dan contoh soal dan pembahasan.

Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan gelombang bunyi? Gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal yang terjadi karena adanya rapatan dan renggangan medium baik cair, padat, maupun gas.

Untuk lebih jelasnya, simaklah materi ini dengan seksama.
Gelombang Bunyi: Pengertian, Sifat-sifat, Karakteristik, Contoh Soal


Pengertian Gelombang Bunyi


Gelombang bunyi adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium atau zat perantara berupa zat cair, padat, dan gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat di dalam air, udara, atau batu bara.

Gelombang bunyi terdiri dari molekul-molekul udara yang bergetar merambat ke segala arah.

Sedangkan bunyi merupakan suatu rangsangan yang dirasakan alat pendengaran.

Sifat-sifat Gelombang Bunyi


Adapun sifat-sifat bunyi antara lain:

1. Dapat dipantulkan (refleksi)

Bunyi dapat dipantulkan apabila mengenai permukaan benda yang keras, seperti permukaan dinding, besi, semen, seng, dan kaca.

2. Dapat dibiaskan (refraksi)

Refraksi adalah pembelokan arah lintasan gelombang setelah melewati bidang batas antara dua medium yang berbeda. Contoh pada saat malam hari bunyi petir terdengar lebih keras dibandingan pada siang hari karena pembiasaan gelombang bunyi.

3. Dapat dipadukan (interferensi)

Interferensi adalah sampainya dua buah sumber bunyi yang koheren ke telinga. Contohnya dua pengeras suara yang dihubungkan pada sebuah generator sinyal (alat pembangkit frekuensi audio) dapat berfungsi sebagai dua sumber binyi yang koheren.

4. Dapat dilenturkan (difraksi)

Difraksi adalah kejadian pelenturan gelombang bunyi ketika melewati suatu celah yang kecil/sempit. Contohnya kita bisa mendengar suara orang yang berbeda ruangan dengan kita, karena bunyi melewati celah-celah sempit yang bisa dilewati oleh bunyi.

Karakteristik Gelombang Bunyi



  • Gelombang bunyi mempunyai beberapa karakteristik seperti memantul, difraksi, membias dan lain sebagainya. Gelombang bunyi memiliki bebera karakteristik, yaitu sebagai berikut.
  • Gelombang bunyi menghasilkan frekuensi tertentu hingga bergetar di gendang telingan.
  • Gelombang bunyi bergetar dan berdesakan ke berbagai arah. Semakin jauh jarak perambatannya, maka gelombang akan mengecil karena tekanan yang merenggang.
  • Geombang bunyi merambat melalui medium apapun di sekitarnya tetapi tidak merambat pada ruang hampa seperti luar angkasa, karena udara adalah medium utama perambatan bunyi.
  • Dengan hitungan cepat, getaran di gendang telinga akan merambat hingga ke saraf menuju otak, dan nantinya bagian dalam otak akan menerjemahkan bunyi berdasarkan memori yang tersimpan, atau menyimpannya sebagai memori yang baru.


Karena cepat rambat bunyi di berbagai media rambatnya berbeda, maka notasi atau eprsamaan untuk mencari cepat rambat bunyi juga berbeda. Berikut persamaan cepat rambat bunyi ketiga media rambat:

Gelombang Bunyi: Pengertian, Sifat-sifat, Karakteristik, Contoh Soal


Selain itu, berdasarkan frekuensinya bunyi dapat dikelompokkan menjadi:

  • Bunyi Audiosonik: frekuensi antara 20 Hz - 20.000 Hz. Merupakan satu-satunya bunyi yang dapat kita dengar secara baik.
  • Bunyi Ultrasonik: frekuensi diatas 20.000 Hz. Kita tidak bisa mendengarnya, tapi sebagian binatang bisa mendengarnya, misalnya anjing dan kalelawar.
  • Bunyi Infrasonik: frekuensi dibawah 20 Hz. Contohnya gelombang bunyi disebabkan oleh halilintar, gempa bumi, dan gunung berapi.


Intensitas Bunyi


Intensitas bunyi merupakan energi yang terpancarkan tiap satu satuan waktu tiap satu satuan luas. Intensitas bunyi yang dihasilkan dari sebuah sumber bunyi di rumuskan sebagai berikut

Gelombang Bunyi: Pengertian, Sifat-sifat, Karakteristik, Contoh Soal


Hubungan antara intensitas dan jarak bunyi


Gelombang Bunyi: Pengertian, Sifat-sifat, Karakteristik, Contoh Soal


Taraf Intensitas Bunyi


Merupakan tingkat kebisingan dengan rumus:

Gelombang Bunyi: Pengertian, Sifat-sifat, Karakteristik, Contoh Soal


Hubungan taraf Intensitas bunyi jika dengan sejumlah sumber bunyi


Gelombang Bunyi: Pengertian, Sifat-sifat, Karakteristik, Contoh Soal


Menentukan taraf intensitas berdasarkan jarak sumber bunyi


Gelombang Bunyi: Pengertian, Sifat-sifat, Karakteristik, Contoh Soal


Efek Doppler


Doppler menemukan adanya perubahan frekuensi yang diterima pendegar dibanding dengan frekuensi sumernya akibat gerak letaif pendengar dan sumber. Gelaja perubahan frekuensi inilah yang dikenal dengan efek Doppler.

Diperoleh persamaan sebagai berikut.

Gelombang Bunyi: Pengertian, Sifat-sifat, Karakteristik, Contoh Soal


Layangan Bunyi


Peristiwa perubahan frekuensi bunyi yang berubah-ubah dengan tajam karena ada dua sumber bunyi dengan perbedaan frekuensi yang kecil. Dirumuskan sebagai berikut.

Gelombang Bunyi: Pengertian, Sifat-sifat, Karakteristik, Contoh Soal


Contoh Soal dan Pembahasan


Soal No.1 

Suatu sumber bunyi bergerak dengan kecepatan 60 m/s meninggalkan pengamatan yang berada dibelakangnya dengan kecepatan 10 m/s. Jika kecepatan bunyi rambat di udara 340 m/s dan frekuensi sumber bunyi 800Hz maka frekuensi bunyi yang di dengar oleh pengamat adalah
A. 700 Hz
B. 800 Hz
C. 940 Hz
D. 960 Hz
E. 1120 Hz

Pembahasan: 




Baca juga: Suhu [LENGKAP]: Pengertian, Rumus, Perbandingan, Contoh Konversi

Demikianlah artikel hari ini tentang Gelombang Bunyi: Pengertian, Sifat-sifat, Karakteristik, Contoh Soal. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

Click to comment