Type something and hit enter

author photo
By On
Materi IPA Fisika Kelas 8/VIII, 10/X, 11/XI, 12/XII - Artikel hari ini membahas tentang Hukum Newton 1,  2 dan 3, adapun yang akan kita ketahui dalam materi ini, yaitu: pengertian, bunyi, rumus dan contoh penerapannya pada kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya kita telah membahas Hukum Avogadro. Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan hukum newton? Hukum newton menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya.

Hukum newton merupakan pengembangan dari teori yang dikemukakan oleh ilmuwan bernama Galileo. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, marilah kita simak materi ini.

Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Lengkap


Pengertian Hukum Newton


Hukum Newton 1 / I

Hukum Newton 1 / I menjelaskan bahwa jika resultan gaya dari suatu benda adalah sama denga nol, maka benda yang posisinya diam akan tetap diam dan benda yang sedang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan konstan.


Hukum Newton 2 / II

Hukum Newton 2 / II menjelaskan bahwa percepatan benda yang disebabkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda adalah berbanding lurus dengan resultan gayanya, dan berbanding terbalik dengan massa dari bendanya.

Hukum Newton 3 / III

Hukum Newton 3 / III menjelaskan jika benda B memberikan gaya pada benda A, maka benda A aka nmemberikan gaya pada benda B, yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan.

Bunyi Hukum Newton


Hukum Newton 1 / I

"Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap". 

Hukum Newton 2 / II

"Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya". 

Hukum Newton 3 / III

"Jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan". 

Rumus Hukum Newton


Hukum Newton 1 / I

∑F = 0

Atau,

Resultan gaya (Kg m/s2)

Hukum Newton 2 / II

F = m x a

Dengan,

F = gaya (N)
m = massa benda (Kg)
a = percepatan (m/s2)

Hukum Newton 3 / III

1. Gaya Gesek

Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Lengkap







2. Gaya Berat

Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Lengkap







3. Berat Sejenis

Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Lengkap










Contoh Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari


Hukum Newton 1 / I

  1. Pada saat kertas diletakkan di bawah gelas kaca lalu ditarik dengan cepat, maka gelas akan tetap diam karena gayanya sebesar nol.
  2. Pada saat kita hendak mengerem motor atau sepeda, tubuh kita otomatis akan terdorong ke depan.
  3. Pada saat kita menginjak gas mobil atau memutar gas sepeda motor, maka tubuh kita akan terdorong ke arah belakang.
  4. Dua Gajah bermassa sama saling dorong, keduanya tidak ada yang bergeser posisinya.
  5. Bola yang menggelinding di atas permukaan es licin akan terus menggelinding dengan kecepatan tetap karena jika tidak dikenai gaya atau resultan gayanya nol.

Hukum Newton 2 / II

  1. Mobil truk yang membawa massa benda sedikit maka bisa mendapatkan percepatan yang lebih besar, dibandingkan mobil truk yang membawa muatan yang sangat banyak.
  2. Pada saat seseorang mendorong gerobak sate dengan kekuatan tertentu dan gerobak tersebut akan berjalan dengan percepatan tertentu
  3. Mobil yang sedang berjalan dengan massa mobil beratnya 1 ton kemudian bergerak dengan percepatan 1 m/s^2
  4. Kudanil besar mendorong badak kecil sehingga kudanil kecil terpental.
  5. Pada saat kita memindahkan kotak yang ringan akan lebih cepat dibandingkan memindahkan kotak yang berat jika kita menggunakan gaya dorong yang sama.

Hukum Newton 3 / III

  1. Semburan gas panas ke bawah yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar roket akan mendorong roket tersebut meluncur ke atas.
  2. Seseorang sedang mendayung sebuah perahu, lalu ia mendayung ke arah belakang kemudian perahu tersebut akan bergerak ke depan akibat adanya gaya yang kita berikan kepada air dengan menggunakan dayung.
  3. Pada roket air, tekanan air yang mengandung detergen dalam keadaan tinggi. Pada saa tutup roket di buka maka air akan menyembur ke bawah sehingga mendorong roket ke arah atas.
  4. Jika kita menekan hidung, hidung juga menekan tangan kita.
  5. Pada saat kita memukul meja akan terasa sakit karena meja memberikan gaya dorong sebagai reaksi ke tangan kita.

Baca juga: 



Demikianlah artikel hari ini tentang Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

https://ardra.biz/sain-teknologi/ilmu-dan-teknologi-terapan/pengertian-contoh-perhitungan-hukum-newton-i-ii-iii/
https://enjiner.com/hukum-newton/
http://www.pakmono.com/2015/08/contoh-hukum-i-2-3-newton-dalam.html
https://brainly.co.id/tugas/416226

Click to comment